Selasa, 22 Mei 2012

Ada cerita di balik Sebuah Kemegahan bangunan di Kota Bengkulu (Foto Esai)





       gambar diatas adalah Foto  Gedung Juang 45 yang berlokasi  di jl. pembangunan kota bengkulu, Kemegahan dan juga kekokohan dari monumen gedung juang 45 ini di bangun untuk dapat selalu mengingatkan kita akan betapa beratnya  perjuangan rakyat indonesia  untuk dapat memerdekakan negara ini . dan gedung ini hingg sekarang masih terawat dengan baik .




         lokasi  Bangunan museum ini terletak di jalan pembangunan padang harapan kota Bengkulu, di museum ini kita dapat melihat berbagai macam peninggalan yang bersejarah, dan di sini juga kita dapat menambah wawasan tentang apa saja peninggalan sejarah yang ada di kota bengkulu dan kita dapat lebih mengenal kebudayaan yang ada di kota bengkulu, karena di sini terdapat berbagai macam alat musik tradisiona asli dri kota bengkulu, pakaian adat bengkulu , Museum Negeri Bengkulu memiliki 126 koleksi naskah kuno, dan juga  memiliki koleksi kain tradisional ,mata uang zaman dahulu yang pernah beredar di kota bengkulu dan di sini juga terdapat eplaminan 7 lapis asli dari kota bengkulu yang mungkin sangat sulit untuk kita temui lagi sekarang kecuali di Musium Negeri Provinsi Bengkulu.


       bangunan masjid jamik yang berlokasi di jalan soeprapto ini, di rancang oleh bung karno pada waktu pengasingan di bengkulu (1938 - 1942) termasuk dalam kategori benda cagar budaya dilindungi undang - undang no 5 tahun 1992. Bangunan mesjid yang masih aktif dipergunakan ini,  memiliki atap berbentuk Limas dan menggambarkan perkawinan budaya lokal, budaya thionghoa dan budaya islam.



          Bangunan ‘Istana Gubenur’ ini terletak sekitar 300 meter ke arah Utara Benteng Marlborough di kota Bengkulu , Sekarang bangunan ini dimanfaatkan sebagai Rumah Kediaman Gubernur Bengkulu dimana sering pula digunakan sebagai tempat melakukan berbagai aktifitas pemerintahan daerah.selain itu di tempat ini juga menjadi tempat rekreasi , jika sore hari banyak masyarakat yang datang ke istana gubernur ini untuk melihat hewan kijang ataupun rusa yang bermain bebas di pekarangan istana gubernur ini.dan para pengunjung bukan hanya dapat melihat kijang ,akan tetapi mereka juga bisa memberi makan pada hewan kijang ini dari balik pagar istana gubernur.Dan juga konon ceritanya dahulu terdapat lorong yang menghubungkan antara Istana gubernur ini dengan Benteng marlborogh.






masjid At - Taqwa ini berlokasi di jalan soekarno - hatta. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar